Slide # 1

Slide # 1

Saya Senang hidup miskin dengan demikian saya melihat sebuah kebesaran (Prof Dr.Nainggolan) Read More

Slide # 2

Slide # 2

Bromo Tengger Read More

Slide # 3

Slide # 3

Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

Slide # 4

Slide # 4

Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

Slide # 5

Slide # 5

Far far away, behind the word mountains, far from the countries Vokalia and Consonantia, there live the blind texts Read More

Monday, 2 February 2015

Blendeed Learning with 2.0 Tools



BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Dalam perkembangan teknologi tidak diragukan lagi bahwa internet mempunyai peran penting di dalam penyebaran informasi. Perkembangan tekonologi yang berkembang semakin pesat juga membuat segala sesuatu yang dilakukan setiap orang menjadi mudah dan lebih efisien. Kemudahan teknologi tentunya akan membawa keuntungan dan dampak positif bila dimanfaatkan dengan baik dan positif tentunya. Internet sendiri memungkinkan untuk memperkecil keterbatasan (jarak, ruang dan waktu) dalam penyampaian informasi di seluruh dunia. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpersonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara massal, yang dikenal one to many communication.
Dengan adanya aplikasi teleconference internet juga dapat hadir secara real time audio visual seperti metode konvensional. Manfaat internet sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendorong majunya teknologi pendidikan di Indonesia melalui media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk website. Untuk pendidikan ada banyak manfaat internet yang bisa di dapatkan khususnya sebagai media pembelajaran. Semakin majunya teknologi informasi yang berbasis internet membuat siswa dapat dengan mudah mendapatkan materi pembelajaran, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Dengan tersediannya begitu banyak informasi di internet, akan semakin mudah pelajar dan mahasiswa untuk menggali informasi, bertukar fikiran atau berdiskusi melalui berbagai media, seperti email, blog, forum online dan sebagainya.

B.   Rumusan Masalah
1.     Apa Pengertian Blendeed Learning with 2.0 Tools
2.    Bagaimana Blendeed Learning with 2.0 Tools


BAB II
PEMBAHASAN
3.    Pengertian
"Blended learning" tampaknya telah digunakan sejak munculnya populer Internet dan World Wide Web di akhir 1990-an. Namun, seperti banyak istilah-istilah internet lain di sekitar saat ini (misalnya, ekonomi baru, e-learning), konotasi yang tepat yang telah berubah dan kemudian berkumpul dan stabil. Dari tahun 2006 hingga saat ini, blended learning telah dipahami sebagai kombinasi tatap muka dan bentuk dan praktik instruksional teknologi-dimediasi. Pada saat yang sama, frase "face-to-face" dan "mediasi teknologi" sendiri secara umum manfaat dari definisi lebih lanjut dan kontekstualisasi. Akibatnya, tulisan ini menelusuri keluar etimologi arti berkembang istilah "blended learning," dan juga memetakan analitis pentingnya istilah bertentangan yang telah datang untuk dilihat sebagai "campuran" di dalamnya. Menawarkan account tersebut etimologis dan analitis untuk memberikan kejelasan tentang arti saat "blended learning.[1]
Yang dimaksud dengan "blended learning" telah berubah dari waktu ke waktu; hanya definisi dari tahun 2006 dan kemudian yang harus dipertimbangkan saat ini. Akibatnya, definisi komposit disarankan adalah: "belajar Blended" menunjuk berbagai kemungkinan yang disajikan dengan menggabungkan Internet dan media digital dengan bentuk kelas mapan yang membutuhkan fisik co-kehadiran guru dan siswa.
Koherensi dan konsistensi definisi ini digambarkan melalui contoh-contoh dari literatur, dan melalui pohon keputusan ditawarkan sebagai heuristic.2 pada saat yang sama dengan siswa? Apakah desktop siswa tempat literal, atau apakah itu satu virtual disimulasikan pada layar komputer?
Blended learning adalah program pendidikan formal di mana siswa belajar setidaknya sebagian melalui pengiriman konten dan instruksi melalui media digital dan online dengan beberapa elemen kontrol mahasiswa dari waktu ke waktu, tempat, jalan, atau kecepatan. Sementara masih menghadiri "bata-dan-mortir" struktur sekolah, tatap muka metode kelas yang dikombinasikan dengan kegiatan-melalui komputer. kurangnya konsensus tentang definisi blended learning telah menyebabkan kesulitan dalam penelitian tentang efektivitas dalam kelas.[2]
Sumber ([3])
            Manfaat Blended Learning pada tahun 2002-2003 khususnya, Yaitu:
1)    Untuk menggabungkan atau campuran mode teknologi berbasis web (misalnya, kelas virtual hidup, instruksi diri-tanggung, pembelajaran kolaboratif, streaming video, audio, dan teks) untuk mencapai tujuan pendidikan.
2)    Untuk menggabungkan berbagai pendekatan pedagogis (misalnya, konstruktivisme, behaviorisme, kognitivisme) untuk menghasilkan suatu hasil belajar yang optimal dengan atau tanpa teknologi instruksional.
3)    Untuk menggabungkan segala bentuk teknologi pembelajaran (misalnya, rekaman video, CD-ROM, pelatihan berbasis web, film) dengan tatap muka pelatihan yang dipimpin instruktur.
4)    Untuk campuran atau menggabungkan teknologi instruksional dengan tugas pekerjaan yang sebenarnya untuk menciptakan efek harmonis belajar dan bekerja[4]

Pendukung blended learning mengutip kesempatan untuk pengumpulan data dan kustomisasi instruksi dan penilaian sebagai dua manfaat utama dari pendekatan ini. [Sekolah dengan model blended learning juga dapat memilih untuk mengalokasikan sumber daya untuk meningkatkan hasil prestasi siswa.
Konsep blended learning telah sekitar untuk waktu yang lama, tapi terminologi yang tidak mapan sampai sekitar awal abad ke-21. Salah satu referensi awal untuk istilah muncul dalam siaran pers pada tahun 1999, ketika Belajar Interaktif, bisnis pendidikan yang berbasis di Atlanta, mengumumkan perubahan atas nama ke EPIC belajar. Artikel tersebut menyebutkan bahwa "Perusahaan saat ini mengoperasikan 220 kursus on-line, tetapi akan mulai menawarkan kursus internet dengan menggunakan metodologi Blended Learning perusahaan."  Yang dimaksud dengan blended learning secara luas menyimpang untuk mencakup berbagai sintesis dalam metode pembelajaran sampai dengan tahun 2006, ketika Handbook pertama Blended Learning by Bonk dan Graham diterbitkan. Graham menantang luas dan ambiguitas definisi istilah itu, dan didefinisikan sebagai sistem pembelajaran yang 'dicampur sistem pembelajaran' "menggabungkan instruksi tatap muka dengan instruksi komputer dimediasi."  Saat ini, penggunaan istilah dicampur belajar sebagian besar melibatkan "menggabungkan Internet dan media digital dengan bentuk kelas mapan yang membutuhkan fisik co-kehadiran guru dan siswa.

4.    Blended Learning dengan Menggunakan Web 2.0[5]
Sebuah contoh kecil dari sejumlah besar Aplikasi  Web 2.0
Apa semua kegembiraan tentang Web 2.0? Sebuah gelombang baru aplikasi web mulai muncul pada tahun 2004 dan seterusnya. Ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi informasi di web dan untuk berkolaborasi dengan orang lain secara interaktif. Pengguna tidak memerlukan keahlian khusus untuk melakukan hal ini. dengan Web 2.0 tools, siapapun bisa dengan mudah membuat bahan mereka sendiri dan mempublikasikan atau berkomunikasi ini untuk kelompok teman-teman dan kolega, atau pemirsa di seluruh dunia. Dimana sebelumnya secara online pengguna dibatasi untuk melihat konten web pasif, baru aplikasi Web 2.0 memungkinkan pengguna untuk mengubah konten web di beberapa website, sedangkan di tempat lain mereka dapat tetap berhubungan dengan teman-teman, mengatur pertemuan, pertukaran berita dan foto.
Berbagai jenis aplikasi Web 2.0 termasuk blog, wiki, video-sharing, podcasting dan jejaring sosial. Sangat populer Web 2.0 tools atau layanan Wikipedia rinci dalam bab terakhir; YouTube (lihat insert terpotong dalam Bab 2); dan MySpace, Flickr, podcasting, Facebook dan Twitter (lihat insert terpotong dalam bab ini).

5.    Populer Layanan Web 2.0[6]
MySpace adalah salah satu layanan jejaring sosial pertama yang akan dibentuk di web dan segera menikmati sukses besar. Seperti pesaing selanjutnya Facebook dan Twitter, MySpace memberikan ruang bagi pengguna untuk menempatkan profil pribadi, meng-upload foto dan video, dan menambah teman.
Flickr adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan foto dan video, mengedit dan mengatur mereka, dan membaginya dengan orang lain. Layanan dasar, yang memiliki batas penyimpanan tertentu, gratis.
Podcasting adalah nama yang diberikan untuk mendistribusikan file media, baik audio atau video - disebut sebagai podcast - melalui internet. Facebook dan Twitter adalah jejaring sosial Web 2.0 website, yang dijelaskan lebih lanjut dalam bab ini.


6.    Macam-macam web 2.0
a)    Blog
Blog merupakan singkatan dari web log  adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.[7]
                   Gambar di bawah ini adalah contoh salah satu Blog.
Contoh Blog Pribadi
Dalam Pedoman ini, kita pertama kali bertemu blog dalam Bab 2 di mana mereka digambarkan sebagai pribadi buku harian elektronik atau jurnal, tapi blog dapat mengambil banyak bentuk. Blog adalah ruang individu di web yang memberikan suara. Mereka bisa menjadi kotak sabun, sebuah komentar pada saat peristiwa, koleksi memo atau pikiran, tempat untuk posting foto dan komentar – hamper apa yang pengguna ingin. Orang lain di internet dapat membaca tulisan ini, karena mereka disebut, dan meninggalkan komentar jika mereka ingin, atau mengomentari komentar sebelumnya dibuat. masing Masing posting blog baru yang orang menambahkan ditempatkan di bagian atas sehingga pengunjung selalu melihat terbaru posting pertama. Blog, seperti situs jaringan sosial dijelaskan kemudian dalam bab ini, adalah sarana
menghubungkan dengan orang lain dan mendengar dari para pembaca yang memilih untuk bereaksi terhadap apa yang ditulis.
Blog biasanya terdiri dari teks tetapi mereka juga dapat berisi foto dan file multimedia (video dan audio). Jika mereka berisi sebagian besar foto-foto, mereka Photoblogs disebut; jika sebagian besar video, mereka disebut vlogs; dan jika sebagian besar audio, podcast.
Jika Anda ingin menjadi seorang blogger, yang adalah orang yang menulis blog (singkatan dari weblog), Anda perlu untuk menemukan sebuah website yang menyediakan layanan penerbitan blogging. Yang baik adalah Blogger, a blog gratis penerbitan Web 2.0 alat dari Google (https://www.blogger.com/start). Pertama, Anda membuat akun Google (ini adalah gratis). Anda memberikan blog Anda nama dan memilih bagaimana Anda ingin untuk melihat. Kemudian Anda siap untuk berbagi pikiran Anda dengan dunia atau dengan teman-teman yang dipilih sejak Blogger memungkinkan Anda untuk mengontrol siapa yang membaca blog Anda.
Jika Anda hanya ingin membaca blog orang lain, daripada menulis mereka, Anda dapat menggunakan Blog Cari (http://blogsearch.google.com.au) untuk mencari blogger. Misalkan Anda telah mendengar dari seseorang yang menulis blog, Anda dapat memasukkan nama mereka untuk menemukan situs blog mereka. Jika tidak, Anda dapat memasukkan nama topik Anda tertarik (misalnya, ICT, Avatar atau mie). Untuk semua pencarian blog tersebut, sejumlah hits dikembalikan seperti pada pencarian web biasa.
Blood Mengemukakan dalam Blognya ada beberapa Jenis Blog yaitu[8]
a)    Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
b)    Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
c)    Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
d)    Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
e)    Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
f)     Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
g)    Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
h)   Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
i)     Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
j)      Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
k)    Blog agama: Membahas tentang agama
l)     Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
m)  Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
n)   Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
o)    Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
p)    Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
q)    Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
r)     Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak

b. Wiki[9]
Wiki merupakan salah satu kategori website. Wiki merupakan kumpulan-kumpulan halaman web yang dapat diubah oleh setiap orang setiap saat. Konsep dan pelunak wiki diciptakan oleh Ward Chunningham. [10] di bawah ini adalah contoh wiki.

Kami menghadapi wiki dalam Bab 8 di mana kita berbicara tentang ensiklopedia terbesar di dunia, Wikipedia. Seperti ensiklopedia online ini, wiki situs yang siapa pun dalam komunitas pengguna dapat menambah konten atau mengedit konten yang ada. Anda dapat menganggap wiki sebagai pribadi (terbatas pada kelompok-kelompok tertentu) atau umum (terbuka untuk semua orang) ruang, di mana individu dapat kolaboratif membangun tubuh konten pada topik tertentu yang menarik.
Seperti blog, jika guru ingin mendirikan sebuah wiki, langkah pertama adalah untuk menemukan sebuah website yang menyediakan layanan yang diperlukan, yaitu, berisi perangkat lunak wiki untuk memungkinkan kontribusi dan mengedit konten, dan juga memungkinkan ruang penyimpanan - untuk menahan konten yang kelompok kolektif dan interaktif konstruksi. Salah satu perusahaan tersebut yang menyediakan gratis, mudah-touse, layanan hosting Wetpaint (http://www.wetpaint.com). Di sini Anda dapat menambahkan klip video, Foto, album foto dan teks, serta track benang yang menarik dalam forum diskusi.
Perusahaan lain yang menawarkan layanan yang sama gratis untuk lembaga pendidikan adalah Wikispaces (http://www.wikispaces.com).

c.    Moodle
Moodle adalah alat Web 2.0 yang dikembangkan di kawasan Asia-Pasifik, di Perth, Australia. Itu aplikasi, yang dirancang khusus untuk pendidik, adalah Management System Course (CMS), juga disebut Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) atau Virtual Learning Environment (VLE).
MOODLE (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning. Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka (open source) di bawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstal di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.[11]
The Moodle situs (http://moodle.org) menjelaskan bagaimana terutama digunakan: Banyak lembaga menggunakannya sebagai platform mereka untuk melakukan kursus sepenuhnya online, sementara beberapa menggunakannya hanya untuk meningkatkan program tatap muka (dikenal sebagai dicampur sedang belajar).

Contoh salah satu Moddle.
Banyak pengguna kami suka menggunakan modul kegiatan (seperti forum, database dan wiki) untuk membangun masyarakat kaya kolaboratif belajar sekitar materi pelajaran (dalam tradisi konstruksionis sosial), sementara yang lain lebih memilih untuk menggunakan Moodle sebagai cara untuk memberikan konten untuk siswa dan menilai pembelajaran menggunakan tugas atau kuis.
Mengapa nama Moodle? Nama ini merupakan singkatan terbentuk dari huruf awal: Modular Berorientasi Objek Dinamis Learning Environment. Karena itu modular dan karena menggunakan perangkat lunak open source, pengguna di mana pun mereka berada dapat menulis modul untuk itu dan mengembangkan lebih lanjut (lihat insert terpotong). Sebagai hasil dari kolaborasi global, Moodle telah berkembang cepat dan secara luas digunakan di banyak lembaga pendidikan. Moodle bebas untuk digunakan. Menurut statistik perusahaan (http://moodle.org/stats), Moodle digunakan di lebih dari 3 juta kursus, dengan lebih dari 32 juta pengguna, yang tersebar di 209 negara yang mencakup banyak di Asia-Pasifik.

7.    Perangkat Lunak Open Source[12]
Perangkat lunak open source adalah perangkat lunak komputer dimana kode sumber terbuka, yang memungkinkan masyarakat untuk menggunakan dan memodifikasinya. Dengan basis pengguna yang luas, perangkat lunak demikian dikembangkan kooperatif, yang berarti bahwa perbaikan cepat sering mengakibatkan.
Snapshot daerah yang mengikuti melaporkan kisah sukses dari penggunaan novel Moodle untuk pengembangan profesional guru sains di Brunei Darussalam.

Moodle Dan Pengembangan Profesional
Moodle adalah sistem manajemen pembelajaran yang kuat dan populer yang banyak didukung secara internasional. Hal ini digunakan di sekolah-sekolah tinggi, perguruan tinggi dan banyak lainnya pengaturan pendidikan / pelatihan untuk memberikan dimensi digital untuk mengajar dan sedang belajar. Moodle secara teratur digunakan untuk memperpanjang "pengajaran tradisional" dengan menyediakan secara online kesempatan belajar untuk peserta didik baik di dalam dan di luar ruang kelas dan untuk memungkinkan peserta didik kesempatan untuk belajar dengan kecepatan mereka sendiri dengan berbagai bahan yang menarik. Namun, kekuatan sebenarnya dari Moodle mungkin terletak di tempat lain, di Fasilitas pembelajaran sosial yang mendukung.
Dalam lokakarya guru sains sekunder yang diadakan di Brunei Darussalam, Moodledigunakan dengan cara yang berbeda. Itu digunakan untuk mendukung kolaboratif dan kooperatif belajar dalam lingkungan pengembangan profesi guru. Peserta menggunakan Moodle Online Chatting, diskusi online dan fasilitas wiki untuk berbagi pengalaman tentang mengajar dan belajar. Ini adalah jenis diskusi yang guru perlu terlibat dalam jika mereka ingin mengubah keyakinan yang akan menyebabkan perubahan dalam kelas mereka praktek. Peserta, yang bekerja dalam kelompok Moodle, mampu menghasilkan jawaban yang baik atas pertanyaan-pertanyaan yang mereka sendiri dibesarkan dan dengan demikian ditambahkan ke pengetahuan
tentang mengajar dan belajar di Brunei.
Peserta dilihat Moodle sebagai enabler sangat membantu untuk membawa guru dari sekolah yang terpisah ke dalam kontak teratur dengan satu sama lain, dan mereka tertarik untuk tinggal di kontak dengan teman-teman profesional mereka yang baru. Meskipun tidak ada peserta memiliki pengetahuan sebelumnya Moodle, semua datang jauh dari lokakarya percaya bahwa mereka akan menggunakan Moodle di sekolah mereka sendiri, mungkin pada awalnya untuk meniru tradisional gaya mengajar, tapi akhirnya untuk mendukung pembelajaran kolaboratif kuat Pendekatan mereka sendiri berpengalaman dalam lokakarya yang sangat sukses ini.
Michael Moroney, dosen Teknologi pendidikan, Universitas Brunei, Brunei
Darussalam Web 2.0 tools di kelas Web 2.0 alat-alat yang terus berkembang. Seperti pada hari-hari awal mikrokomputer, inovatif guru dan pendidik guru mengeksplorasi penggunaannya dalam kelas. Untuk mengetahui bagaimana guru menerapkan alat-alat baru, cara cepat adalah dengan mengarahkan browser Anda ke UNESCO Portal untuk guru, dijelaskan dalam bab terakhir sebagai sumber informasi yang komprehensif ICT dalam pendidikan (http://www.unescobkk.org/education/ict/online-resources/portal-forteachers).
Setelah sedikit mencari, Anda menemukan sebuah artikel, "Menggunakan Web 2.0 tools dalam mengajar sehari-hari dan learning "(http://www2.unescobkk.org/education/ict/v2_2/detail.asp?id=56091), atau yang lain artikel yang sama. Artikel ini khusus menjelaskan bagaimana guru dan pengelola sekolah menggunakan Web 2.0 alat untuk mengubah dan memperluas pengalaman belajar siswa mereka dan mereka sendiri. Beberapa guru digambarkan dalam artikel menggunakan blog di kelas mereka. Pada Saat
siswa menulis blog, mereka mendapatkan kepuasan menerima umpan balik dari sesama siswa.
Hal ini, pada gilirannya, mendorong mereka untuk menulis lebih hati-hati tentang apa yang mereka pelajari, dan sering lebih panjang daripada yang mereka akan lakukan di atas kertas.
Anda juga membaca bagaimana guru lain menggunakan wiki, yang kadang-kadang lebih berguna daripada blog di mana seluruh kelas memberikan kontribusi informasi. Siswa ini guru membentuk tim dan dengan cara wiki kolaboratif dibangun daftar sumber daya untuk belajar saat mereka mempersiapkan diri untuk tes.
Namun guru lain digambarkan menggunakan make podcast. Apa yang membuat artikel ini tambahan membantu adalah bahwa presentasi di website interaktif menggambarkan bagaimana sebuah blog bekerja. Di Dengan kata lain, mengikuti artikel adalah komentar yang dibuat tentang hal itu oleh guru lain.
Setiap hari saya posting beberapa postingan, seperti catatan kuliah, pengumuman kuliah, tugas, video, tulisan populer, lagu, cerita dan link yang relevan. Setiap siswa hari juga menjawab, memberikan komentar dan membuat posting mereka sendiri dengan mereka sendiri. Siswa melaporkan bahwa mereka menikmati jenis ajaran. Di atas semua, mengajar di kelas membaik bagi siswa mengenal satu sama lain. Menggunakan layanan blog Multiply telah menjadi pengalaman yang indah dan menakjubkan bagi saya sebagai dosen dan untuk saya siswa karena interaksi luar kelas tidak dibatasi oleh waktu dan tempat. banyak Sekali siswa membanggakan bahwa penggunaan blog adalah ide bagus dalam membuat hidup mereka sebagai siswa ceria dan lebih mudah dari sebelumnya.

Contoh multiply Profesor Dr. Supli Effendi Rahim, UPSI, Tanjung Malim Perak, Malaysia

8.    Jejaring Sosial
Dari semua baru yang inovatif Web 2.0 tools, keberhasilan pelarian adalah layanan jejaring social bahwa orang-orang yang berbagi minat menghubungkan pribadi atau profesional, atau yang pergi ke sama sekolah atau perguruan tinggi, atau yang lain ingin bergabung dengan kelompok persahabatan. Dalam Bab 1, kami melaporkan bahwa dua situs internet yang paling banyak diakses saat ini adalah Facebook dan Twitter. pada Tanggal situs ini, pengguna dapat dengan bebas menggunakan layanan untuk menempatkan profil pribadi sendiri, berbagi profil mereka dengan orang lain yang memiliki kepentingan yang sama dan dengan demikian menciptakan social jaringan, link dengan teman-teman, dan pertukaran berita, foto dan informasi lainnya. Memulai untuk menggunakan Facebook atau Twitter, pengguna harus terlebih dahulu membuat account (http://www.facebook.com Facebook dan Twitter untuk https://twitter.com/signup), yang membutuhkan memiliki email alamat dan, sebagai tambahan dalam kasus Facebook, mencatat usia seseorang (untuk keamanan internal alasan).
Sebagai indikasi jaringan sosial seberapa populer telah menjadi, sebuah survei online Nielsen di Australia (Oktober 2009), melaporkan bahwa Facebook adalah situs yang paling banyak dikunjungi keempat di bulan sebelumnya (Google adalah yang paling populer). Hal ini melaporkan bahwa "rata-rata, satu seperempat dari semua penggunaan internet di Australia di Facebook ". Jumlah ini mengejutkan 6,5 jam dari rata-rata 26,5 jam dihabiskan online setiap minggu. Bunga di Twitter juga mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Menurut laporan yang sama, kunjungan ke Australia dengan di sebelumnya 12 bulan tumbuh hampir 1.000 persen dibandingkan dengan periode sebelumnya. Jumlah orang yang mengunjungi situs jejaring sosial pada ponsel mereka juga meningkat pesat, menurut survei online yang sama.
Sebuah buku telah ditulis tentang kebangkitan yang luar biasa dari Facebook (Lacy, 2009), yang relative layanan web baru yang sudah menawarkan lebih dari 400 juta pengguna terdaftar di seluruh dunia. Sayangnya, bagaimanapun, ada wajah yang berpotensi buruk ke Facebook dan jejaring sosial lainnya situs yang tuan user-generated content. Seperti yang kita perhatikan dengan ensiklopedia online, Wikipedia, dalam Bab 8, situs tersebut terbuka untuk informasi yang salah atau, dalam kasus jaringan social situs, penyalahgunaan oleh individu yang posting vulgar, rasis, intimidasi atau bahan ofensif lainnya. Meskipun administrator menghapus materi yang menyinggung tersebut ketika diberitahu tentang kehadirannya, dengan
maka kerusakan sering sudah dilakukan.
Pertumbuhan Facebook dan Twitter di Australia bergema di seluruh dunia tren dilaporkan oleh Social Media Optimization (http://social-media-optimization.com). Tiga teratas situs jejaring sosial peringkat pada tahun 2009 adalah Facebook, MySpace dan Twitter. selanjutnya social layanan yang berguna jaringan untuk pendidik, peringkat di atas dua puluh, yang LinkedIn dan Ning (lihat insert terpotong). Meskipun situs tertentu mungkin dalam waktu digantikan oleh lain, ada kemungkinan bahwa pengganti mereka akan yang serupa. Kami katakan ini karena popularitas jejaring sosial yang Web 2.0 memungkinkan tampaknya mencerminkan dalam, inner perlu berkomunikasi dengan orang lain, terutama untuk berbagi informasi tentang apa yang teman-teman lakukan, untuk mengatur aktivitas, dan terhubung.
Contoh Facebook dan Twitter
   
9.    Situs Jaringan Sosial Lanjut[13]
LinkedIn mirip dengan Facebook, tetapi digunakan terutama oleh kelompok-kelompok profesional, seperti pendidik. Ini adalah layanan gratis di mana pengguna dapat menempatkan profil pekerjaan mereka dan hubungan dengan orang lain yang berbagi minat yang sama profesional.
Facebook dan MySpace, adalah layanan online bagi pengguna untuk membuat mereka jaringan sosial sendiri. Pengguna tidak perlu keahlian teknis untuk mendirikan sebuah jaringan Ning dan mereka dapat bergabung sejumlah jaringan.
Meskipun data yang dilaporkan atas akses pengguna ke situs jejaring sosial tidak memberikan setiap gangguan oleh usia, pengamatan menunjukkan bahwa Facebook, misalnya, adalah yang paling popular di kalangan siswa di sekolah, perguruan tinggi dan universitas, yaitu, di kalangan remaja dan anak muda orang dewasa. Jika kecenderungan ini tidak sebuah trend yang lewat, maka pendidik tidak mampu untuk mengabaikan seperti Penggunaan internet yang signifikan di mana pengguna (mungkin siswa) menghabiskan sampai seperempat dari semua mereka waktu online berinteraksi dengan teman-teman mereka, seperti yang mereka lakukan di Facebook.

10. Facebook Sebagai Alat Kelas[14]
Sekelompok guru dan siswa di sekolah menengah setempat di Penang, Malaysia, pertama kali diperkenalkan ke Facebook pada akhir tahun 2009. Setiap orang adalah pengguna pertama kali dan semua menghadiri lokakarya singkat tentang cara menggunakan Facebook dan aplikasi. Setelah tahap awal belajar bagaimana menggunakan Facebook dan cara membuat jaringan,\ ini siswa dan guru mereka mulai menggunakannya dalam belajar dan mengajar mereka
kegiatan.
Guru mulai memberikan catatan dan keterkaitan topik yang menarik dalam kurikulum sekolah. Seorang guru sejarah upload file video tentang sejarah Mesir siswa untuk melihat dalam waktu mereka sendiri. Seorang guru matematika upload contoh ujian tua pertanyaan bagi siswa untuk mencoba sendiri. Sejumlah menarik tapi terkait artikel tentang topik jejaring sosial juga diunggah untuk memberikan siswa dan guru gambaran yang lebih jelas dan pemahaman tentang kemampuan Facebook dan situs lainnya mirip dengan itu. Bahkan ada kompetisi untuk membuat kuis online oleh mahasiswa menggunakan aplikasi Facebook Quiz. Diskusi online, catatan dan berbagi file kegiatan umum di antara para guru dan siswa.
Situs Facebook diciptakan untuk kelompok-kelompok mahasiswa telah menjadi diperpanjang waktu bagi para siswa dan guru mereka belajar. Siswa dan guru sama-sama menemukan bersama-sama bagaimana situs jejaring sosial seperti Facebook bisa mendapatkan keuntungan mereka belajar dan mengajar kegiatan. Komunikasi antara anggota kelompok hampir seketika dan informasi dapat dibagi dan dibuat tersedia untuk semua anggota kelompok.
Badan Nasional di Australia dibentuk untuk mendukung integrasi ICT dalam mengajar dan learning (education.au) menyatakan bahwa situs jejaring sosial online memungkinkan pendidik untuk:[15]
·         membuat dan mengedit profil online profesional;
·         terhubung dengan pendidik yang memiliki minat yang sama;
·         berbagi link, berita, foto, ide, pendapat dan blog; dan
·         bergabung atau membuat komunitas mereka sendiri yang menarik untuk berbagi ide tentang praktek pendidikan, penelitian atau masalah.
Perguruan tinggi di banyak negara membangun Facebook dan Twitter situs untuk menampilkan kegiatan mereka dan untuk berhubungan dengan siswa dan masyarakat luas. Jaringan sosial di web dengan cepat menjadi fenomena yang signifikan pada semua tingkat pendidikan.


10. LEBIH WEB ALAT UNTUK GURU

1.  Alat Web Kelas Lanjut
       Fokus dalam bab sebelumnya adalah pada Web 2.0 tools : blog, wiki , manajemen kursus sistem , dan banyak digunakan layanan jejaring sosial . Dalam bab ini , kita beralih ke alat berbasis web lebih lanjut bahwa guru dan pendidik guru berguna dengan siswa mereka . Guru menggunakan berbagai alat berbasis web ini bersama-sama dengan mengajar tatap muka . Seperti yang kita perhatikan dalam kasus Web 2.0 tools dibahas sebelumnya , kombinasi web dan kelas belajar disebut blended learning , salah satu kategori dari e - learning yang dibahas dalam Bab 5 .
       Menurut Graham ( 2006) , baik penggunaan pembelajaran online merangsang pembelajaran aktif di kelas , yang memotivasi siswa untuk melanjutkan kegiatan belajar di luar ruang kuliah atau ruang kelas . Pembelajaran online tersebut, maka , dalam kombinasi dengan suara mengajar tatap muka , membuat blended learning pendekatan yang kuat untuk belajar .
       Jumlah alat web yang tersedia untuk mengajar dan belajar sekarang begitu banyak bahwa Pertanyaan awal adalah di mana untuk memulai mencari ini di internet . Kemudian , setelah Anda memiliki terletak alat web , Anda perlu memeriksa dengan seksama apakah mungkin berguna untuk Anda siswa dalam situasi tertentu . Bab ini menyajikan contoh kecil dari alat web gratis untuk kelas . Untuk memberikan rasa dari apa yang tersedia , kami akan menjelaskan setiap alat secara singkat dan di mana menemukannya . Dengan ini sebagai titik awal , Anda akan menemukan yang tak terhitung jumlahnya alat web lebih untuk pendidik , dan yang baru terus muncul .

2. Jawaban Mesin
       Kita mulai dengan apa yang disebut mesin jawaban . Dua mesin pencari banyak digunakan , Baidu dan Google , yang dicatat dalam Bab 5. Bagaimana menjawab mesin berbeda dari ini terkenal mesin pencari ? Salah satu perbedaan adalah bahwa mesin jawaban menanggapi pertanyaan yang diajukan dalam bahasa alami berbeda dengan pencarian kata kunci . Perbedaan lain adalah bahwa jawaban tertentu mesin menghitung jawaban atas pertanyaan faktual daripada mencari melalui besar database yang terdiri dari pointer ke situs web didapat dari internet .

3. Answers.com
       Pergi ke Answers.com ( http://www.answers.com ) dan Anda diundang untuk memasukkan pertanyaan atau frase . Misalkan dalam kotak dialog Anda ketik : Kapan perbudakan dihapuskan ? Lihat Gambar 10.1 .
Klik " Go" dan jawaban dikembalikan dengan tanggal ketika perbudakan dihapuskan di Inggris dan koloni Perancis , dan di Amerika Serikat .

Gambar 10.1 : Mengajukan pertanyaan dalam bahasa alami dari Answer.com
Figure 10.1.jpg
Sumber : http://www.answers.com
 
       Kadang-kadang tidak ada jawaban dapat diberikan karena website ini adalah wiki dan pertanyaan tertentu mungkin belum ditanyakan dan dijawab belum . Seperti Wikipedia ( lihat diskusi dalam Bab 8 ) , Answers.com terus-menerus ditambahkan oleh kontributor . Pengguna yang diundang untuk menelusuri melalui pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab , pertanyaan-pertanyaan baru dan jawaban baru dalam rangka memberikan kontribusi untuk situs yang sedang berlangsung pembangunan.
 
4.WolframAlpha
       Untuk pertanyaan faktual yang memerlukan perhitungan , WolframAlpha biasanya dapat menyediakan jawaban ( http://www.wolframalpha.com/ ) . Masukkan dalam kotak dialog , misalnya , setiap tanggal di masa lalu atau masa depan , dan hasilnya dikembalikan bersama dengan informasi lain untuk hari itu ( lihat Gambar 10.2 ) . Anda dapat mengajukan pertanyaan ini dalam bahasa alami atau cukup ketik tanggal (1 Januari 2011) .
 
Gambar 10.2 : Mengajukan pertanyaan faktual dan komputasi dari WolframAlpha
Figure 10.2.jpg
Sumber : http://www.wolframalpha.com
 
       Tentu saja , Anda dapat meminta berbagai jenis lainnya yang lebih bermanfaat pertanyaan untuk WolframAlpha adalah mesin jawaban yang kuat . Sebagai contoh fleksibilitas mesin jawaban ini , kiri kolom di bawah berisi daftar berbagai beberapa pertanyaan yang mungkin ditanyakan , sementara kanan kolom menunjukkan hasil yang khas :
 
Koordinat Vientiane kembali lintang dan bujur untuk Vientiane di Laos
Pythagoras kembali teorema persamaan dan diagram
3a ^ 2 = 27 kembali plot dan solusi
Negara dengan PDB terendah mengembalikan lima negara peringkat terendah dengan PDB
Anagram untuk diet mengembalikan semua anagram untuk kata ini
Mekong dan Amazon kembali berbagai fakta tentang kedua sungai
 
5.Google Squared
       Masih dalam tahap perkembangan,Google Squared(http://www.google.com/squared)  kembali lagi jenis lain jawaban . Anda memasukkan kategori di kotak dialog ( misalnya , tropis buah ) dan Google Squared mencoba untuk membangun sebuah persegi informasi dari ini , seperti spreadsheet . Satu baris alun-alun yang dihasilkan diilustrasikan di bawah ini untuk satu buah tropis , yaitu , pepaya ( lihat Gambar 10.3 ) . Kolom dari alun-alun merupakan karakteristik tropis Buah : untuk contoh ini , yang nama , gambar , deskripsi , keluarga , genus dan spesies . dalam setiap sel fakta yang diperoleh dari web tentang buah tropis di setiap baris : Mengklik pada setiap sel memberikan informasi lebih lanjut .
Gambar 10.3 : Mencari informasi mengenai buah tropis dari Google Squared
Figure 10.3.jpg
Sumber : http://www.google.com/squared
 
6.Alat Pemetaan Pikiran
       Peta pikiran , peta konsep juga disebut , secara luas digunakan oleh pendidik sebagai alat untuk membantu pengorganisasian , berpikir dan belajar . Mereka digunakan terutama untuk mengembangkan kemampuan belajar – menulis esai , mencatat, meringkas , membaca dan belajar. James Cook University di Australia menunjukkan bahwa peta pikiran adalah alat dan strategi untuk meningkatkan organisasi yang efektif .
Universitas meliputi pemetaan pikiran dalam lokakarya online untuk siswa pada keterampilan belajar .
       Sebuah tutorial yang berguna pada pemetaan pikiran disediakan ( http://www.jcu.edu.au/old_office/tld/learningskills / mindmap ) menunjukkan bagaimana peta pikiran membantu dalam persiapan esai , meringkas bacaan , dan mempersiapkan untuk kuliah , seminar , lokakarya dan tutorial .
       Peta pikiran telah lama digunakan oleh para guru untuk melakukan brainstorming untuk ide-ide mereka merekam mahasiswa komentar di papan tulis atau di kertas plano . Buzan ( 1991 ) , yang secara luas dikreditkan dengan mempromosikan mind mapping sebagai pembelajaran dan berpikir alat , komentar dalam video di YouTube bahwa peta pikiran adalah " alat berpikir yang mencerminkan eksternal apa yang terjadi di dalam kepala Anda " (http://www.youtube.com/watch?v=MlabrWv25qQ&feature=player_ tertanam # ) . Dia menyimpulkan : " Ini adalah alat jenius " .
 
       Anda tidak perlu komputer untuk menggambar peta pikiran karena Anda dapat dengan mudah melacak di atas kertas atau papan asosiasi dan hubungan antara konsep . Buzan merekomendasikan Garis melengkung dan penggunaan warna untuk menghubungkan konsep . Ini , bersama dengan gambar, dia mengatakan , membantu untuk mempererat hubungan yang lebih aman dalam pikiran kita .
 
       Contoh dari peta pikiran ditunjukkan pada Gambar 10.4 . Angka ini agak formal representasi dari isi kedua ini dan bab sebelumnya (itu menggunakan garis lurus , misalnya , untuk menunjukkan hubungan ) . Peta pikiran ini , digambar awalnya dengan pensil dan kertas ,berguna dalam mengatur konten untuk kedua bab . Seperti terlihat pada gambar , topik , web alat untuk pendidik , dibagi menjadi satu bab untuk membahas Web 2.0 alat dan kedua untuk menyajikan alat web lebih berguna . Persegi panjang bulat dengan tanda tanya mewakili alat web lebih lanjut tidak dibahas dalam Panduan ini atau alat belum ditemukan .
Gambar 10.4 : Pikiran peta untuk " Alat Web untuk Pendidik "
Figure 10.4.jpg
       Meskipun peta pikiran dapat ditarik dengan tangan di papan tulis atau di atas kertas , ada banyak software alat pemetaan pikiran untuk membuat tugas lebih fleksibel , lebih mudah untuk berbagi dan mempertahankan salinan permanen . Alat pemetaan pikiran secara online juga memungkinkan sejumlah pengguna untuk mengembangkan peta pikiran secara kolaboratif . Banyak pikiran secara online alat peta yang tersedia secara komersial atau pada dasar percobaan . Dari beberapa yang tersedia secara bebas , satu perangkat lunak yang cukup canggih untuk pemetaan informasi , ide dan argumen adalah Kompendium , yang dikembangkan oleh The Open Universitas di Inggris ( http://compendium.open.ac.uk ) . Mahasiswa di universitas, Mayoritas yang mempelajari luar kampus , dianjurkan untuk menggunakan alat ini sebagai bantuan dalam studi mereka . Brainstorming dan pemetaan pikiran alat yang berguna dan gratis web adalah Bubbl.us ( http: //bubbl.us ) .
 
7.    Kuis Dan Teka-Teki Konstruksi Kit      
       Alat web lainnya yang dapat berguna di kelas adalah situs di mana Anda dapat membuat kuis dan teka-teki yang berhubungan dengan konten yang sedang Anda mengajar . Google kata-kata pembuat kuis atau pembuat teka-teki untuk menemukan sejumlah besar perangkat lunak , banyak yang mengaku sebagai gratis . Masalah tentang banyak disebut perangkat lunak bebas adalah bahwa dalam kenyataannya sedikit yang benar-benar bebas sejak dalam banyak kasus harga yang harus dibayar adalah ketidaknyamanan iklan yang menyertainya . untuk beberapa software kuis , setiap item tes dilengkapi dengan iklan yang sangat mengganggu dimana pengguna tidak control . Masalah lain dengan banyak gratis online kuis dan teka-teki pembuat adalah kebutuhan untuk online saat Anda membangun kuis atau teka-teki , dan ini membawa biaya tertentu . Namun lebih lanjut masalah host layanan tersebut, karena ini kadang-kadang disebut , adalah potensi kerugian Data seseorang dan , sering bahkan lebih penting , potensi kerugian privasi dalam kasus sensitive atau data rahasia.
 
       Pada bagian ini , kami akan menjelaskan alat web yang Anda dapat dengan bebas men-download dari internet . itu adalah dikembangkan oleh lembaga pendidikan dihormati , tim Penelitian dan Pengembangan Universitas Victoria , Humaniora Computing dan Media Centre di Kanada . Ini tidak membawa iklan . Perangkat lunak ini cukup serbaguna dalam yang memungkinkan pengguna untuk membuat beberapa yang berbeda jenis kuis , dengan fasilitas untuk menyertakan petunjuk untuk item jika diinginkan . Serta memungkinkan berbagai jenis kuis yang akan dibangun , perangkat lunak berisi komponen untuk membuat teka-teki silang . Alat web memiliki nama agak penasaran Hot Potatoes . Anda bias download versi terbaru dari Hot Potatoes dari situs ( http://hotpot.uvic.ca ) . panas Kentang juga termasuk dalam UNESCO (2006 ) Direktori Sumber Daya TIK untuk Pengajaran dan Pembelajaran Sains , Matematika dan Bahasa .                                                                                                                                                                         Hot Potatoes bekerja sebagai alat bagi guru yang memungkinkan mereka untuk membangun sebuah website mengajar dengan jumlah halaman web . Anda tidak perlu tahu HTML coding untuk melakukan hal ini        
 
       Karena perangkat lunak memandu Anda melalui setiap langkah konstruksi dan secara otomatis membuat web halaman berdasarkan masukan Anda ( misalnya memasukkan pertanyaan dan jawaban , menyiapkan tombol keterangan, instruksi untuk siswa dan sebagainya ) . Software ini telah dilengkapi dengan tutorial dan komprehensif
membantu untuk membantu dalam mengembangkan bahan ajar untuk proyek yang Anda inginkan . Setelah website dibuat , siswa dapat mengaksesnya dari komputer di kelas . Lima jenis interaktif kuis dapat dibuat :
1.Kuis tradisional dari berbagai jenis - pilihan ganda , jawaban singkat , atau multi - pilih pertanyaan ;
2.Cloze - jenis latihan di mana siswa membaca sebuah bagian dan menyelesaikan kesenjangan , dengan fasilitas untuk menyertakan tombol petunjuk yang memberikan siswa surat bebas berturut-turut jawaban yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap celah mereka sedang bekerja pada ;
3.Kesenjangan - mengisi latihan , varian latihan cloze , di mana siswa menyelesaikan semua celah di bagian sebelum memeriksa ( setelah memeriksa , jawaban yang benar akan ditampilkan dan siswa memiliki kesempatan lebih lanjut untuk menyelesaikan kesenjangan yang tidak benar ) ;
4.Latihan yang cocok di mana siswa harus mencocokkan item di kolom kiri dengan orang-orang di kolom kanan ; dan
5.Kalimat campur aduk atau latihan kata campur aduk di mana tugas adalah untuk mengatur ulang kata-kata untuk membuat kalimat atau mengatur ulang huruf untuk membentuk suatu kata .
6.Sebuah aplikasi keenam di hot potatoes adalah alat untuk membangun teka-teki silang dari jenis biasa dengan menemukan dan bawah petunjuk . Untuk menampilkan petunjuk , anda klik pada nomor .
 
       Hot Potatoes adalah alat konstruksi yang kuat, tetapi seperti alat tersebut , membutuhkan waktu dengan guru untuk belajar bagaimana menggunakannya untuk membangun bahan ajar yang sesuai dengan siswa mereka 'tingkat dan kebutuhan .
8.Alat Kolaborasi Online
       Dengan Web 2.0 , kesempatan bagi pengguna untuk berkolaborasi mengembang jauh. Seperti kita meninjau dalam bab sebelumnya , alat web seperti Flickr memungkinkan anggota kelompok untuk bekerja sama gambar sementara aplikasi seperti Facebook dan Twitter memungkinkan pengguna untuk membentuk jaringan dan berinteraksi sosial . Lomas et al . (2008 ) menunjukkan bahwa alat web lainnya seperti Skype (lihat insert terpotong pada Bab 1 ) memberikan kesempatan bagi enha komunikasi suara nced antara pengguna . Para penulis ini menyatakan bahwa aktivitas online lebih lanjut bahwa Web 2.0 memungkinkan bagi pengguna untuk membangun dokumen kolaboratif . Kita beralih sini untuk fokus pada satu alat kolaborasi tersebut - Google Docs .
  Google Docs (http://docs.google.com/support/bin/topic.py?hl=en&topic=15114 ) adalah salah satu beberapa alat kolaborasi online . Hal ini berguna karena memungkinkan pengguna untuk bekerja pada dokumen dan berbagi dengan rekan atau sesama siswa saat online dan real time . pengguna dapat memilih yang mungkin membaca dan bahkan yang dapat mengedit dokumen . Setelah dokumen dibuat , mereka kemudian dapat disimpan secara online , yang berarti bahwa pengguna dapat mengedit mereka setiap saat di mana pun mereka kebetulan berada . Google Docs adalah layanan gratis .
       Google Docs Aplikasi mencontohkan komputasi awan (lihat insert terpotong ) . threein- The satu aplikasi ( word processor , spreadsheet dan presentasi alat ) berada , bukan pada komputer pengguna , tetapi pada server Google terpencil , dan dokumen yang dibangun dapat juga disimpan dengan aman di server ini sama . Pengguna hanya memerlukan koneksi internet untuk mengakses Google Docs bersama-sama dengan akun Google secara bebas diperoleh . Seperti disebutkan di atas dengan secara online kuis dan konstruksi puzzle kit , masalah potensial dengan layanan host seperti Google Docs adalah kerugian yang dirasakan percaya diri saat bahan sensitif yang diposting di
server remote .
Cloud computing
Cloud computing adalah nama yang diberikan untuk gaya baru menggunakan komputer di mana aplikasi
disimpan pada server remote yang mengakses pengguna melalui internet, dan di mana mereka dapat
menyimpan file . Cloud adalah sebuah metafora untuk layanan komputasi yang disediakan di suatu tempat
lain , jauh dari workstation pengguna .
Snapshot daerah berikutnya berasal dari Brunei Darussalam . Ini menggambarkan apa manfaat adalah untuk guru dan siswa yang menggunakan Google Docs .
 
9.Manfaat Google Docs
       Platform Google Docs adalah satu set alat yang bekerja cukup banyak seperti Microsoft Kantor . Hal ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit dokumen teks , presentasi dan spreadsheet pada platform itu sendiri . Selain penciptaan, file juga dapat di-upload dari desktop atau hard -drive . Setiap file yang dipilih dapat dibagi dengan orang lain dengan mengundang alamat email dan memberikan izin baik untuk melihat atau mengedit file. Salah satu fitur terbaik dari platform ini adalah bahwa hal itu memungkinkan pengguna dengan mengedit izin untuk mengkonversi file ke format populer lainnya seperti html , rtf dan pdf .
       Platform ini hanyalah sebuah virtual drive dan berkas pencipta yang dapat sangat berguna bagi siapa saja yang berada di mana saja . Guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan ini alat untuk menyediakan sumber daya pendidikan dan diskusi kolaboratif interaktif . bahkan lebih menarik adalah bahwa guru dapat dengan mudah mengatur individu siswa dan kelompok tugas di salah satu format yang disebutkan secara virtual. Lebih penting lagi , guru akan dapat belajar ide-ide baru dari para siswa dan meningkatkan bahan ajar dan sumber informasi.
       Salah satu manfaat bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan koneksi internet bahwa mereka selalu dapat mengakses platform Google Docs mereka dalam modus offline . Mbah Google Docs mendorong siswa untuk menggunakan teknologi yang lebih sering dari sebelumnya dengan berbagi informasi dan ide-ide dengan orang lain yang lebih cepat dan efektif . Belajar siswa akan meningkatkan ketika mereka percaya diri berbagi pikiran mereka secara interaktif , terutama lemah anak murid.
       Sharifah Nurol Diana Binti Shaikh Mahmud , Instruktur Teknis , Maktab Teknik Sultan Saiful Rijal , Brunei Darussalam
       Manfaat Web 2.0 kolaborasi alat untuk guru dan siswa diakui oleh Departemen Pendidikan ( MOE ) di Singapura . Siaran pers ( Departemen Pendidikan , Singapura , September 2009 ) menyatakan bahwa KLH telah pindah ke standarisasi semua komunikasi dan alat kolaborasi untuk bangsa lebih dari 30.000 guru di semua sekolah yang 350 . Sebuah platform komputasi awan terbuka standar diadopsi dan Google Apps for Education seperangkat alat ( yang meliputi instant messaging , blog dan wiki ) dipilih untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran lingkungan di sekolah . Keputusan , menurut pers release , membuat Singapura menjadi negara pertama di Asia " untuk menyediakan Web 2.0 komunikasi dan alat kolaborasi untuk semua guru dalam sistem sekolah umum " .
10.Sebuah Kumpulan Alat Web Dari UNESCO
       Koleksi yang sangat berguna alat web untuk pendidik telah disusun oleh UNESCO didanai oleh UNESCO G77 dan China Kerjasama Selatan-Selatan Dana Pendidikan , yang tersedia atas permintaan dari kantor UNESCO Bangkok . Ketika CD - ROM terbuka , Anda memilih dari empat ikon salah satu yang paling dekat dengan pekerjaan Anda atau daerah tertentu - guru , administrator , teknisi TIK atau ICT Kementerian Koordinator - untuk melihat apa web alat dapat membantu Anda ( lihat Gambar 10.5 ) .
Gambar 10.5 : Koleksi UNESCO CD " Web Tools untuk Pendidik "
Figure 10.5.jpg
 
sumber : http://www.unescobkk.org/education/ict/online-resources/e-library/elibrary-themes/teaching-andlearning/web - alat - untuk - pendidik - cd - rom
 
       Misalkan Anda klik pada ikon Guru . Di antara banyak kategori alat web yang ditunjukkan berikutnya , misalkan Anda memilih " Membantu siswa mengembangkan keterampilan kerja sama tim mereka " . empat jenis web alat ditunjukkan : Manajemen Kolaboratif , Forum Online, Wiki dan WebQuest .
       Memilih salah satu dari ini akan membawa Anda ke halaman lanjut menjelaskan alat dan menunjukkan bagaimana menggunakannya di dalam kelas , bersama dengan link ke situs online yang berisi sampel pelajaran rencana dan kegiatan belajar lainnya .
       Snapshot yang berikut menjelaskan jenis alat web yang terdapat pada CD ( UNESCO ,2010) , dan rincian bagaimana untuk meminta salinan untuk Anda gunakan jika Anda mempertimbangkan berguna .
 
Alat web untuk pendidik
CD - ROM ini , alat Web untuk Pendidik , berisi alat berbasis web gratis ( computer perangkat lunak yang dapat diakses melalui internet ) yang berguna bagi orang-orang yang bekerja di bidang pendidikan . Secara khusus , ini CD - ROM berisi perangkat lunak yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran , dan software yang administrator pendidikan dapat menggunakan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi .
       Masing-masing alat pada CD-ROM ini dilengkapi dengan tutorial yang menjelaskan apa alat dapat digunakan untuk dan apa keuntungan pendidikan atau efisiensi yang . Tambahan lagi,instruksi yang jelas diberikan tentang cara men-download dan menginstal alat .
       UNESCO menciptakan CD- ROM sebagai pengakuan atas fakta bahwa banyak guru dan administrator belum menyadari aplikasi pendidikan berbasis web -alat, seperti forum online dan perangkat lunak manajemen gambar . Ini CD - ROM , dengan menjelaskan bagaimana mengoperasikan alat web , membuat alat ini mudah digunakan dalam pendidikan dan pengaturan administrasi . Menyediakan alat pada CD - ROM membuat alat tersebut dengan mudah diakses guru dan administrator , terutama bagi mereka yang tidak memiliki akses internet .
       Anda dapat memperoleh salinan CD ( maksimal lima CD - ROM ) dengan mengirimkan permintaan ke : ict.bgk@unesco.org
 
11.Blended Learning Dan Tingkat Tinggi Kemampuan Berpikir
       Kami menutup bab ini dengan contoh bagaimana guru dapat menggunakan blended learning dengan siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi memanfaatkan apa yang disebut WebQuests .
       Seperti namanya , WebQuests menjelaskan pencarian untuk pengetahuan tentang topik menggunakan web sebagai sumber utama informasi . WebQuests dapat latihan yang berharga bagi siswa di mana guru ingin mengadopsi pendekatan blended learning dengan menggabungkan penggunaan komprehensif alat web bervariasi dengan mengajar tatap muka . Selain informasi dari internet , siswa memanfaatkan sumber informasi lain juga, seperti perpustakaan , media massa , CD dan DVD .
       Siswa dapat melakukan WebQuest sebagai kegiatan individu tetapi secara umum mereka bekerja di kecil kelompok . Sebagai penelitian mahasiswa , menganalisis , sintesis IAA dan mengevaluasi informasi yang mereka kumpulkan , kegiatan yang sangat banyak berpusat pada peserta didik . Biasanya , siswa mengatur tugas , misalnya ,untuk menyelidiki penyebab erosi tanah . Pointer kemudian diberikan kepada siswa dalam bentuk link internet untuk memulai mereka pada pencarian mereka . Guru membimbing siswa tentang bagaimana mengatur informasi yang mereka peroleh dan bagaimana menyajikannya dengan cara yang koheren , sering dalam presentasi ke kelas pada akhir proyek . Keterampilan penelitian dikembangkan sebagai siswa menggunakan berbeda
sumber informasi untuk mengumpulkan data, menganalisis data ini , dan memberikan hasil mereka dan mencapai kesimpulan .
       Karena belajar aktif , WebQuests populer dengan siswa . Tugas yang harus diselidiki
dapat menantang karena mereka menyeberang batas subjek . Minat siswa adalah tinggi . Pada saat yang sama , WebQuests mendorong tingkat tinggi kemampuan berpikir analisis
dan sintesis . Berbeda dengan menggunakan pencarian dan jawaban mesin hanya untuk mencari informasi , fokus pada WebQuests adalah untuk menerapkan informasi yang diperoleh untuk sampai pada jawaban kehidupan nyata masalah .
 
       UNESCO (2006 ) berkumpul direktori yang berguna sumber daya ICT untuk mengajar dan belajar yang berisi sampel WebQuests . Pada CD yang disertakan dengan direktori ini adalah pelajaran rencana dan kegiatan multimedia untuk siswa tingkat menengah di bidang ilmu pengetahuan , matematika dan bahasa . Satu penyelidikan berbasis WebQuest pada CD pada pemanasan global menggambarkan dengan baik bagaimana WebQuests dapat digunakan untuk mempromosikan pembelajaran . Pertama , tugas bagi siswa disajikan . di WebQuest ini , guru menimbulkan masalah sebagai berikut , dengan cara yang dirancang untuk menangkap perhatian siswa dan memotivasi mereka :
       Sebagai bagian dari proyek penelitian rahasia tentang pemanasan global , Anda dan dua lainnya ilmuwan telah sepakat untuk diangkut 100 tahun ke depan . Anda akan tinggal di tahun 2101 selama dua minggu . Misi Anda adalah untuk mempelajari efek pemanasan global telah di Bumi di masa depan . Pada akhir dua minggu , Anda akan diangkut kembali ke Bumi hari ini di mana Anda akan melaporkan kembali kepada Komando Pusat pada apa kita bisa lakukan hari ini untuk memastikan bahwa penduduk masa depan planet kita aman dari konsekuensi bencana pemanasan global .
       Prosedur bagi siswa untuk mengikuti kemudian rinci : pertama, untuk membagi dalam kelompok-kelompok kecil , kemudian di mana untuk mencari sumber daya internet , bagaimana menggunakan setidaknya tiga sumber yang berbeda informasi , dan untuk bertemu secara teratur dengan pasangan mereka untuk berbagi apa yang telah mereka temukan .
       Jenis-jenis mahasiswa laporan harus menulis dijelaskan . Sumber daya yang diberikan kepada siswa kelompok kerja adalah link ke lebih dari selusin situs di internet yang berisi informasi berbagai aspek perubahan iklim .
       Apa yang membuat WebQuest ini sangat berguna adalah halaman web dengan saran studi bagi siswa- Cara untuk membuat catatan , konvensi untuk mengikuti sumber mengutip , langkah-langkah untuk menghindari plagiarism dan bagaimana menulis daftar pustaka . Pedoman yang diberikan, juga, pada penulisan laporan .
       Akhirnya , WebQuest ini berisi halaman web yang sangat berguna untuk membantu siswa untuk mengevaluasi mereka belajar selama penyelidikan ini . Dua bentuk yang disajikan . Salah satunya adalah sebuah rubrik evaluasi daftar tujuan dari WebQuest dan standar ( awal , pengembangan , dilakukan dan teladan ) terhadap yang karya siswa akan dinilai . Anda melihat evaluasi yang sama rubrik dalam Bab 6 pada bagian pengajaran berbasis proyek . Formulir evaluasi kedua disebut Plus, Minus , Perbaikan Penilaian yang memungkinkan siswa untuk menilai pembelajaran mereka dan memungkinkan guru untuk memberikan umpan balik tentang seberapa baik mereka telah memenuhi tujuan WebQuest tersebut .
       Guru dapat dengan mudah membuat WebQuests mereka sendiri untuk bagian apa pun dari kurikulum mereka mengajar menggunakan satu pemanasan global di atas sebagai template praktis . Sebuah berguna sumber informasi lebih lanjut tentang WebQuests adalah CD - ROM yang diproduksi oleh UNESCO ( 2010) ,dijelaskan di atas dalam bab ini .
       Pelajaran berbasis proyek atau PBL untuk pendek dibahas dalam Bab 6 tentang penilaian e -learning . Sebuah WebQuest adalah contoh dari PBL , di mana siswa terlibat dalam proyek-proyek individu atau kelompok yang lebih tinggi -order kemampuan berpikir .
 


Daftar Pustaka

Friesen, Norm (2012). "Report:Defining Blended Learning”.
pada tanggal 28 januari 2015

Strauss, Valerie (22 September 2012). Three fears about blended learning,

Blood, Rebecca (September 7, 2000). "Weblogs: A History And Perspective".
http://www.rebeccablood.net/essays/weblog_history.html

Anonim http://monitoringclub.org/pengertian-situs-wiki/ diakses pada tanggal 29 januari
2015
Steaker, heather and Michael B. Horn. 2012. Classifying K-12 Blendded Learning.
Innosight Institute.
Blood, Rebecca. "Weblogs: A History and Perspective", Rebecca's Pocket. 07
September 2000. 18 September 2013. <http:// www.rebeccablood.net/essays/weblog_history.html">.




[1]  Friesen, Norm (2012). "Report:Defining Blended Learning”.
[2] Strauss, Valerie (22 September 2012). Three fears about blended learning, The Washington Post
[3] Steaker, heather and Michael B. Horn. 2012. Classifying K-12 Blendded Learning. Innosight Institute, hal 3
[4]  Friesen, Norm (2012). "Report:Defining Blended Learning”.
[5] Unesco Bangkok Asia and Facific Regional Bureau For Education e-Book. “ICT Transforming Educational a Regional Guide” Hal 74
[6] Unesco Bangkok Asia and Facific Regional Bureau For Education e-Book. “ICT Transforming Educational a Regional Guide” Hal 76
[7] Blood, Rebecca (September 7, 2000). "Weblogs: A History And Perspective".
[8] Blood, Rebecca (September 7, 2000). "Weblogs: A History And Perspective"
[9] Unesco Bangkok Asia and Facific Regional Bureau For Education e-Book. “ICT Transforming Educational a Regional Guide” Hal 84
[10] http://monitoringclub.org/pengertian-situs-wiki/ diakses pada tanggal 29 januari 2015
[12] Unesco Bangkok Asia and Facific Regional Bureau For Education e-Book. “ICT Transforming Educational a Regional Guide” Hal 84
[13] Unesco Bangkok Asia and Facific Regional Bureau For Education e-Book. “ICT Transforming Educational a Regional Guide” Hal 84
[14] Unesco Bangkok Asia and Facific Regional Bureau For Education e-Book. “ICT Transforming Educational a Regional Guide” Hal 92
[15] Unesco Bangkok Asia and Facific Regional Bureau For Education e-Book. “ICT Transforming Educational a Regional Guide” Hal 95

0 comments:

Post a Comment